Tags

, , , , , , ,


Al- Quran adalah kalamullah ( firman Allah), Keutamaanya atas segala perkataan seperti keutamaan Allah Subhanallah Wa Ta’ala altas seluruh makhuk-Nya. Membacanya adalah amal yang paling utama dilakukan oleh lisan.

Pahala Mengerjakanya sabda rasulullah saw:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Sebaik baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Quran dan mengajarkanya. ( al Bukhari)

Pahala membacanya : Sabda Rasulullah saw: :

Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah ( Al Quran ), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” ( HR. At-Tharmizi ).

Keutamaan mempelajari al-Quran, menghafalnya dan pandai  membacanya: Sabda Nabi  saw: “ Perumpamaan orang yang membaca al-Quran sedang ia hafal denganya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Quran sedang ia senantiasa melakukanya meskipun  hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala. “ (HR. Mttafaq Alaih). Dan Sabda Nabi saw “ Dikatakan kepada ahli al-Quran, “ Bacalah, naiklah dan bacalah dengan tartil sebagaimana kamu membaca di dunia,, karena kedudukanmu terletak pada akhir ayat yang kamu baca.” ( H.R. At Tharmizi)

Al Khatththabi mengatakan:  Disebutkan dalam atsar bahwa jumalh ayat al-Quran adalah sesuai dengan jumlah tingkatan syurga. Dikatakan kepada pembaca ( al-Quran). Naiklah dalam tingkatan sesuai dengan ayat al-Quran yang sebelumnya kamu baca ( di dunia ). “ Karena itu siapa yang membaca dengan sempurna seluruhnya al-Quran. Maka ia menempati tingkatan syurga yang paling atas diakhirat. Sedang siapa yang membaca sesuatu juz darinya, maka kenaikanya dalam tingkatan syurga sesuai dengan bacaanya itu. Dengan demikian, akhir pahalanya adalah pada akhir bacaanya.”

Siapa saja yang membaca al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkanya, maka dipakaikanya kepadas kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan  sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainta tidak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun bertanya Tanya: “ Bagaimana dipakaikan kepada kami semua itu?”, dijawab: : karena anakmu telah membawa al-Quran. ( HR. Al-Hakim)

Pahala bagi yang anaknya mempelajari al- Quran;

Sabda Nabi shalallahu alaihi wassalam :” Bacalah al-Quran, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat kepada pembacanya.” ( HR. Muslim) dan Sabda Nabi shalallahu alaihi wassalam: “ Puasa dan al-Quran keduanya akan meemberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari Kiamat..” ( HR. Ahmad dan al-Hakim)

Advertisements