Tags

, , , , , , , , ,


Segala puji bagi Allah SWT  yang menjadikan bulan Ramadhan lebih baik dari pada bulan-bulan lainnya dengan menurunkan al-Qur`an dan mewajibkan puasa bagi kaum muslimin sebagai salah satu pondasi Islam. shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad saw  beserta keluarganya yang telah menyampaikan kepada kita tentang ibadah-ibadah dibulan Ramadhan dan memberikan contoh kepada kita bagaimana cara menghidupkan bulan bulan yang penuh keberkahan.

 Biasanya setiap pagi kita akan mencari sesuatu untuk sarapan atau sekedar kopi panas dengan pisang goreng, tetapi bulan ini bulan ramadhan semua muslim seluruh dunia  dengan hati gembira menyambut datangnya bulan penuh berkah, bulan ampunan dan banyak hikmah didalamnya. Menahan nafsu makan, menahan perbuatan maksiat, menahan perkataan yang tidak berguna dan pula menjauhkan segala larangan yang telah banyak disiratkan didalam al-Quran. Jika ada yang berpuasa hanya menggugurkan kewajiban atau hanya ingin dilihat orang lain, hanya karena anak, istri ataupun tetangga, maka itu tidak akan mendapatkan apa apa kecuali hanya rasa haus dan lapar saja. Mulailah mengenal makna dan hikmah ramadhan agar pusa kita benar benar ikhlas mencari keridhoan Allah .

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, ‘Rasulullah saw memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabdanya:

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah I mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.” HR. Ahmad dan an-Nasa`i

Rasulullah r bersabda:

Islam didirikan di atas lima perkara, yaitu bersaksi bahwa tidak Ilah yang berhak disembah selain Allah I dan Muhammad r adalah rasul Allah I, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan pergi ke Baitul Haram.” Muttafaqun ‘alaih.

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya telah lalu.” Muttafaqun ‘alaih

 “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku, dadaku; “Dan mudahkanlah bagiku, tugasku; “Dan lepaskanlah simpulan dari lidahku, “Supaya mereka faham perkataanku; ( Surah Taha  : 25 -27)

 Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” (QS.Al-naml:19)

Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa ayah dan ibuku serta kasihilah mereka sebagaimana
kasih mereka padaku sewaktu aku masih kecil.

“Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal.” (QS.Al-Furqon:65)

Rabbana atina fidunyya hasanah wa fil akhirati hasanah wa khina adzabbanar.

>>  Selamat menjalankan ibadah puasa  <<

Advertisements